Punya modal nggak terlalu banyak tapi ingin berbisnis? Kenapa nggak coba lirik si pisang, yang banyak dijual di pasaran dengan harga murah meriah?
Yups, jangan pandang remeh si buah berkulit kuning nan manis ini. Jika dijual hanya berbentuk buah matang hasil panen, mungkin harga jualnya memang nggak seberapa, tetapi kalau kita olah, dan kita jadikan satu camilan yang enak, harga jualnya bisa meningkat berkali-kali lipat. Pasalnya rasa pisang yang manis tapi menyisakan sedikit rasa kesat, bisa kita variasikan menjadi berbagai macam makanan yang menggiurkan. Berikut ini adalah lima ide pengolahan pisang yang bisa dipilih sebagai usaha yang menjanjikan.

1. Keripik pisang

[ Image Source ]
Yang satu ini adalah cemilan yang sudah lama ada. Keripik yang digoreng kering dan memunculkan bunyi kriuk ketika dikunyah, menjadi pilihan cemilan bagi kebanyakan orang di mana pun dan kapan pun. Rasa manis atau asin, menjadi varian yang biasa ditemukan di pasaran. Mau sedikit bereksperimen? Cobalah cari rasa lain yang sekiranya akan cocok membaur dengan rasa keripik pisang yang cenderung flat.

2. Sale pisang

[ Image Source ]
Nah kalau yang satu ini pengolahannya memang lebih lama dibanding keripik pisang. Pisang yang matang harus dijemur terlebih dahulu. Setelah pisang benar-benar layu, baru deh pisang tersebut bisa kita balut dengan adonan tepung, lalu digoreng sampai kering. Sale pisang ini akan mudah kita jumpai di rak-rak di toko oleh-oleh, dengan berbagai macam rasa yang tersedia. Pernah mencoba sale pisang rasa blueberry? Sudah ada loh yang kreatif membuat yang seperti ini. Tetapi bukan berarti kreatifitas pengolahan sale pisang berhenti sampai di situ saja. Kembangkan ide kreatifmu, dan ciptakan sesuatu yang baru dari sale pisang ini!

3. Pisang bakar

[ Image Source ]
Kalau mau berjualan pisang bakar, skill pengolahan yang dipunya memang nggak harus yang sudah ahli. Yang penting kamu bisa memilih jenis pisang apa yang paling enak untuk dibakar, ditambah kamu siapkan satu gerobak di pinggir jalan, bisnis pisang bakar pun bisa kamu lakoni. Mengolah pisang bakar memang nggak terlalu rumit. Pisang yang sudah disiapkan cukup kita bakar, lalu ketika matang taburi keju dan coklat di atasnya. Simple sih, tapi prospek bisnis ini cukup menjanjikan. Apalagi jika di tempar yang kamu pilih itu banyak muda-mudi yang asyik nongkrong. Pisang keju ini adalah cemilan yang cukup mengenyangkan, murah meriah pula.

4. Pisang balut coklat

[ Image Source ]
Punya tempat jualan di dekat sekolah? Coba deh pilih pisang balut coklat sebagai menu cemilan yang kamu jual. Anak sekolahan cenderung menyukai cemilan dengan harga terjangkau tapi enak dilidah. Cara membuat pisang ini cukup masukkan pisang yang sudah ditusuk dengan tusukan sate ke dalam freezer. Diamkam beberapa jam sampai beku. Lalu ketika ada yang membeli kamu keluarkan sesuai pesanan, celup ke dalam cairan coklat, lalu taburi pisang berbalut coklat itu dengan kacang atau kepingan coklat berwarna-warni. hmmm... yummy deh rasanya!

5. Pisang coklat

[ Image Source ]
Cemilan yang ini juga cocok untuk dijajakan di lingkungan sekolahan. Harganya yang terjangkau di saku para siswa, tentu bisa menarik minat siswa untuk membeli. Cara membuatnya juga sederhana sekali. Siapkan kulit lumpia, taruh pisang yang sudah dilumuri coklat ke dalam kulit lumpianya, bentuk rapi lalu goreng sampai garing. Lelehan coklar yang lumer di mulut ketika digigit pasti membuat siapa pun tergoda untuk mencicipi.
 Betul kan mengolah pisang itu bisa dengan berbagai cara. Kreatif-kreatifnya kita sajalah dalam berkreasi. Yuk selalu kembangkan kreafitas dalam berbisnis.