Tahun mungkin berganti, namun ternyata Covid-19 masih sama mematikannya seperti awal kemunculannya. Bahkan belakangan ada berita jika ada varian-varian baru dari virus ini yang katanya lebih ganas. Apa pun itu semoga kita semua tetap diberi kesehatan serta kemampuan untuk menghadapi masa sekarang. Tetap patuhi protokol kesehatan dan jika perlu rutin lakukan swab test.

Corona boleh masih mencengkeram, tapi situasi sekarang sudah agak berbeda karena vaksin disebut-sebut sudah ada. Bahkan katanya Indonesia sudah pesan belasan bahkan puluhan juta paket vaksin. Adanya benda satu ini memberikan sedikit harapan, walaupun kata pakar bukan jadi satu-satunya jalan. Tapi terkait vaksin, ternyata tidak semua orang bisa menerimanya.

Nyatanya ada kondisi khusus yang menyebabkan seseorang tidak bisa dulu divaksin. Kondisi tersebut adalah adanya penyakit bawaan atau istilahnya Komorbid. Setidaknya ada sepuluh jenis penyakit Komorbid tertentu yang tak bisa divaksin.

Beberapa Komorbid tersebut adalah, Asma bronkial, dermatitis atopi, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), Tuberkulosis, kanker paru, Insterstitial Lung Disease (ILD), penyakit hati, Diabetes Melitus, HIV, serta penyakit gangguan psikosomatis.

Sebenarnya tak hanya terbatas pada penyakit bawaan tertentu, vaksin juga tidak boleh diberikan pada seseorang dengan kondisi khusus, salah satunya riwayat alergi obat.

Jika tidak memiliki Komorbid atau kondisi khusus yang sudah disebutkan tadi, maka seseorang layak untuk mendapatkan vaksin. Untuk mekanismenya sendiri saat ini sedang dirancang. Apa pun itu mudah-mudahan adanya salah satu alternatif ini bisa membuat Indonesia lebih baik lagi.

1 Comments