Memiliki taman atau pekarangan sejatinya tak kalah penting dari ruang rumah yang lain. Sebab, memiliki taman selain mempercantik pemandangan juga bermanfaat untuk menyuplai udara segar. Tak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan taman sebagai apotek hidup. Banyak sekali jenis tumbuhan obat yang bisa ditanam di sekitar rumah. Berikut ini adalah lima contohnya.

Daun Sirih

[ Image Source ]
Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Khasiat tumbuhan rambat ini memang sudah melegenda. Daun sirih sangat bermanfaat untuk menghentikan perdarahan seperti mimisan, mengurangi bau pada miss V serta mengobati keputihan, dapat juga dimanfaatkan sebagai campuran jamu, dan dijadikan obat kumur. Rebusan air daun sirih terbukti mempercepat proses penyembuhan pada luka. Jadi, sangat besar manfaatnya jika Anda menanam daun sirih di depan rumah.

Lidah Buaya

[ Image Source ]
Tanaman satu ini tentu tak kalah khasiatnya. Selama ini lidah buaya dipercaya membantu menyuburkan rambut. Namun, sebenarnya tak hanya itu saja khasiatnya, lidah buaya juga berfungsi sebagai obat jerawat. Jika wajah Anda berjerawat, cukup bersihkan wajah lalu keringkan, kemudian olesi dengan lendir lidah buaya hingga merata ke seluruh wajah. Tunggu hingga mengering dan bilas hingga bersih. Lakukan selama beberapa hari, dan jerawat Anda akan lebih cepat mengering dan menggelinding dengan sendirinya. Lendir lidah buaya juga berkhasiat untuk obat luka, cukup oleskan secukupnya pada bagian luka seperti ketika Anda mengoleskan obat merah.

Jeruk Nipis

[ Image Source ]
Pohon jeruk nipis tidak memiliki ukuran yang besar. Akan sangat bermanfaat jika Anda menanamnya di taman atau pekarangan rumah. Manfaatnya sangat beragam, campuran air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat akan berfungsi sebagai peluruh lemak dan toksin-toksin dalam tubuh. Perasan air jeruk nipis juga bermanfaat sebagai obat batuk, jika tidak kuat dengan rasanya yang sangat asam, bisa dicampur dengan kecap manis. Selain itu, perasan jeruk nipis juga mampu mengatasi ketombe.

Seledri

[ Image Source ]
Salah satu daun yang digemari ibu-ibu adalah seledri. Saat memasak, menambahkan irisan daun seledri akan menambah kesedapan aroma masakan. Akan sangat bermanfaat jika tanaman ini ada di rumah. Sebab, selain untuk memasak, seledri juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu khasiat seledri adalah sebagai obat asam urat. Cukup ditelateni saja meminum rebusan daun seledri tiap pagi. Insya Allah asam urat akan lekas sembuh.

Cocor bebek

[ Image Source ]
Cocor bebek dikenal sebagai tanaman hias. Namun tahukah Anda jika tumbuhan ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan? Itulah sebab kenapa cocor bebek sangat direkomendasikan ditanam di taman Anda. Beberapa manfaat cocor bebek adalah sebagai penurun demam. Cukup dengan memarkan daun cocor bebek dan kompreskan pada bagian dahi, cocor bebek difungsikan sebagai kompres alami yang sangat manjur. Tak hanya itu, cocor bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai obat ambeien, asma hingga obat luka. Jadi, sama sekali tak ada ruginya menghiasi taman kita dengan tumbuhan tersebut.