Memiliki ponsel pintar, saat ini memang sudah menjadi gaya hidup. Dari anak SD sampai nenek-nenek pun bisa menggunakan  android. Sebenarnya, banyak hal yang menguntungkan jika memiliki android, seperti komunikasi dengan kerabat jauh jadi lebih mudah. Atau membantu mempromosikan usaha dengan lebih cepat. Namun, memiliki banyak keunggulan bukan berarti tidak ada kekurangan. Berikut ini adalah lima kerugian saat anda memiliki android. 

1. Terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya

Yah, tentu saja semua tahu dengan hal ini. Orang yang menggunakan ponsel pintar, sebagian besar adalah orang yang dekat dengan dunia maya. Kemudahan mengakses internet dengan menggunakan android membuat anda kecanduan bersosial media. Dan kerab kali membuat Anda lebih sering menghabiskan waktu dengan dunia vmaya daripada dengan dunia nyata.

2. Kegiatan Harian Jadi Kacau karena Chatting

 
Chatting merupakan candu, tak hanya bagi kamu muda-mudi yang sedang kemaruk dengan pacar-pacaran dunia maya. Bahkan yang tua juga kerap kali mabuk chatting. Mengabaikan cucian, membiarkan setrikaan, dan bahkan gagal fokus saat bekerja hanya karena suara notifikasi.

3. Minim Komunikasi dengan dunia nyata 



Dengan mudahnya komunikasi lewat dunia maya. Silaturahmi secara nyata pun jadi berkurang. Misalnya saja, ketika orang tua dan anak tinggal di tempat yang berbeda. Karena merasa bisa tiap hari ngobrol dengan media internet, si anak jadi malas berkunjung ke rumah orang tua. Hal itu tentu saja tidak dianjurkan. Sebab, orang tua tentu saja lebih merasa berharga ketika anak-anak mereka mengunjungi secara langsung, bukan hanya kabar yang lewat dunia maya. 

4. Kesehatan mata

Bermain android paling nyaman memang sambil tiduran. Terlebih di waktu malam. Sebelum tidur, pastilah kegiatan tiap orang sama, yakni ngobrol dengan teman-teman di berbagai media sosial. Tanpa disadari, kebiasaan tiduran sembari memainkan ponsel itu akan merusak kesehatan mata. Tentu saja itu merugikan Anda sendiri. 

5. Insomnia saking asiknya online sampai malam

Tanpa sadar suara notifikasi mengganggu waktu tidur Anda. Ketika sudah memejamkan mata, lalu suara notifikasi terdengar, barangkali Anda akan merasa gatal dan ingin kembali membuka Android dan membaca pesan yang masuk. Sayangnya, jika Anda meladeni suara tersebut, tak akan ada habisnya. Dan tanpa sadar, Anda sudah melampaui jam tidur hanya untuk obrolan yang sebenarnya tak terlalu penting. Esoknya, Anda terlambat bangun, mengantuk di tempat kerja atau parahnya lagi mengalami tekanan darah rendah. 
Semoga candu kita pada Android dapat sedikit demi sedikit dapat dikurangi.



.