Kalau ngomongin ulang tahun, pastinya identik sama yang namanya kue tart. Si bolu panggang dengan hiasan gula berwarna-warni alias kue tart ini, memang selalu dicari jika perayaan penting seperti ulang tahun tiba. Beberapa ahli mengatakan awal mula kue tart muncul dalam perayaan ulang tahun sudah dimulai semenjak abad pertengahan di Jerman.
Merayakan ulang tahun dengan menyajikan kue hias mungkin pernah kita berikan sebagai kado spesial bagi orang tersayang dalam hidup kita, tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya merayakan ulang tahun pun bisa dengan menyajikan jenis sajian yang berbeda? Biar ulang tahun orang tersayangmu lebih berkesan karena terlihat unik dan berbeda, coba deh pilih lima jenis makanan di bawah ini.

1. Cake nasi

Nah loh namanya cake nasi? Iya benar, ini cake tapi  dari nasi! Nasinya bisa kamu buat dengan cara yang sama seperti membuat nasi kuning. Setelah matang, cetak nasi tersebut seperti bentuk kue tart pada umumnya. Untuk hiasan di atasnya kamu bisa menggunakan tomat yang dibentuk menjadi bunga. Berasa minim hiasan? Ayo kreasikan bahan-bahan yang bisa kamu temui di dapur, agar bisa  menjadi hiasan yang pas untuk mempercantik cake nasi ini.

2. Donat

Kue bulat yang terkenal karena bolong di bagian tengah ini cocok juga loh untuk kamu hias menjadi kue ulang tahun. Susun beberapa donat yang sudah kamu beri nama orang yang ulang tahun, beri lilin di atasnya, dan voila kue ulang tahun sederhana pun jadi deh. Nggak perlu repot kan?

3. Pizza

Beri kejutan orang tersayang yang tengah berulang tahun dengan mengajaknya makan di restoran pizza. Kamu bisa minta tolong pada karyawan restoran agar bisa menuliskan nama dan umur dengan menggunakan saus di bagian atas pizza yang kamu pesan. Dijamin perayaan ala kadarnya  yang kamu berikan itu pasti akan dikenang sebagai sebuah memori yang berkesan.

4. Tart Puding

Yang bisa dihias bukan cuma bolu yang bahan dasarnya dari tepung saja loh. Puding yang punya tekstur lembut dan cenderung mudah hancur juga bisa kamu bentuk menjadi kue hias yang indah. Selesai dibentuk seperti kue, bagian atas puding bisa kita beri tambahan bentuk-bentuk lucu yang juga merupakan puding yang sudah dicetak. Misalnya kita bisa tambahkan puding berbentuk hello kitty di bagian atas puding bulat. Lucu kan?

5. Martabak

Satu lagi yang unik untuk dijadikan sajian ulang tahun untuk orang tersayang, yakni martabak. Hah, martabak dihias kayak gimana sih biar bisa menyaingi kue tart? Gampang saja loh. Bagian atas martabak kamu penuhi dengan kepingan coklat. Lalu tambahkan keju parut di atasnya, dengan menaburkannya berbentuk pola huruf inisial dari nama orang yang sedang  berulang tahun, atau pola angka dari usia yang sedang berulang tahun. Enak di mata, enak di perut pastinya!

Lima jenis makanan tadi membuktikan kalau ulang tahun nggak harus selalu dirayakan dengan kue mahal. Ingat loh hal terpenting dari berulang tahun adalah melewatinya dengan bersama orang yang disayang.