Sebagai negara yang kaya, tentu saja Indonesia banyak sekali membuat negara-negara lain merasa silau. Meski begitu, kadang kita sebagai warga negara Indonesia yang jarang menyadari kekayaan negeri sendiri. Seringkali kita lupa dan abai terhadap lingkungan, misalnya saja membuang sampah sembarangan. Kebiasaan kecil tersebut memang terkesan sepele, namun dampaknya sangat buruk terhadap lingkungan. Jika saja kita bisa merawat lingkungan, bukan hal yang tidak mungkin kita akan menghasilkan suasana yang sehat dan indah yang bisa dinikmati bersama. Berikut ini adalah lima contoh desa paling indah di Indonesia.

Desa Trunyan

[ Image Source ]
Desa ini adalah salah satu bagian dari Bali. Suasananya sangat terawat dan begitu alami. Akan tetapi, desa tersebut masih sangat memegang teguh adat istiadat leluhur yang kental. Salah satu adat yang cukup ngeri dari desa ini adalah banyaknya tengkorak manusia di mana-mana. Ya, tengkorak tersebut bukanlah tengkorak buatan yang dipergunakan sebagai hiasan. Tengkorak di desa Trunyan memang asli tengkorak manusia. Terkesan mengerikan? Memang, namun hal tersebut yang membuat desa Trunyan jadi unik, karena tiap orang mati tidak dimakamkan atau dibakar seperti di daerah lain, namun hanya dikumpulkan bersama jasad lain.

Desa Penglipuran

[ Image Source ]
Salah satu desa yang berada di Bali ini mendapat predikat desa wisata terbaik. Anda yang pernah melakukan tour Bali mungkin juga mendapat paket berkeliling desa ini. Konon, Desa Penglipuran sudah ada sejak 700an tahun yang lalu. Mayoritas penduduk desa Panglipuran berasal dari Buyung Gede yang melakukan migrasi dan menetap secara permanen di desa tersebut. Para turis mancanegara sangat suka menjadikan desa ini sebagai lokasi wisata yang patut dikunjungi.

Desa Munduk

[ Image Source ]
Kali ini masih di sekitar Bali, yaitu desa yang menyabet penghargaan sebagai juara ke-2 Desa Wisata Nasional. Memili suhu antara 20-25 derajat Celcius, desa ini akan membantu Anda merasakan kenyamanan jasmani dan rohani. Terlebih, hamparan pepohonan yang ada di sekitar, tentu akan memanjakan mata setelah bosan dengan tumpukan pekerjaan. Liburan di Bali memang menyenangkan, bukan hanya di Pantainya yang eksotis, namun Desanya juga. Jika ingin berlibur ke Bali, tak ada salahnya jika Anda juga mencoba mengunjungi Desa Munduk.

Desa Kete Kesu

[ Image Source ]
Jika ingin berkunjung ke Tana Toraja, jangan lupa mampir ke Desa Kete Kesu. Desa ini tentunya akan menyugukan pemandangan Tana Toraja tempo dulu, yang begitu kental dengan warisan adat istiadat leluhur. Mengunjungi desa ini, Anda bisa menikmati paket liburan sejarah, budaya serta alam sekaligus. Di mana lagi bisa Anda temukan liburan paket komplit seperti di Desa Kete Kesu? Tentu akan memberikan pengalaman berlibur yang lain dari yang lain.

Desa Wae Rebo


[ Image Source ]
Pernahkah Anda mendengar nama Desa Wae Rebo? Desa ini terletak di Kecamatan Satarmasem, Kab Manggarai, NTT. Seluruh penjuru desa ini pasti akan membuat Anda terpana oleh pemandangannya. Terlebih, Anda bisa menikmati indahnya sunrise yang mendamaikan hati. Yang khas dari desa ini adalah, memiliki tujuh rumah utama yang masih tampak kukuh. Pemandangan di desa ini tentu akan membuat tiap pengunjung betah berlama-lama.