Terminal merupakan pangkalan di mana bus-bus dengan berbagai tujuang berkumpul. Di terminal pula para supir bus mendapatkan penumpang, begitu pula sebaliknya, penumpang akan mudah mendapatkan bus sesuai tujuan mereka. Sampai saat ini, pemerintah terus melakukan perbaikan tiap terminal di berbagai daerah. Hal itu tentu untuk kenyamanan para pengguna transportasi. Dan berikut ini adalah beberapa terliman yang dianggap paling jempolan yang ada di Indonesia.

Terminal Tirtonadi

[ Image Source ]
Jika terminal itu identik dengan pedagang asongan, pengemis dan pengamen, maka hal tersebut tidak akan Anda temui di terminal Tirtonadi kota Solo. Hal tersebut menjadi salah satu yang membuat terminal ini makin nyaman. Terminal ini juga dilengkapi dengan AC, yang membuat para calon penumpang merasa sejuk. Selain itu, ada juga fasilitas wifi gratis. Kalau semua terminal di Indonesia seperti Tirtonadi, mungkin tidak akan ada sejarahnya calon penumpang yang kebosanan, ya!

Terminal Pulo Gebang

[ Image Source ]
Terminal megah satu ini berlokasi di Jakarta. Terminal ini pula yang disebut-sebut terbesar se-Asia Tenggara. Terminal ini beroperasi sejak Maret 2015 lalu, dan bakal menjadi rumah bagi 1000 armada bus AKAP. Terminal ini memiliki banyak sekali fasilitas yang akan memanjakan para pengunjung, antara lain SPBU, ada pula tempat penitipan kendaraan. Tak hanya itu, bahkan ada juga lift dan juga eskalator. Untuk kedepannya, terminal ini akan menyediakan mall dan hypermarket juga lho.

Terminal Purabaya

[ Image Source ]
Salah satu kota besar seperti Surabaya juga tak mau ketinggalan dengan beberapa terminal dari kota lain yang dianggap cetar membahana. Terminal Purabaya bahkan dikenal dengan terminal paling canggih di Indonesia. Terminal ini dilengkapi dengan papan digital jadwal keberangkatan, kamera pemantaua sampai kartu pintar yang terpasang para armada bus.

Terminal Mengwi

[ Image Source ]
Beralih ke pulau Bali. Bali yang dikenal sebagai lokasi wisata nomer wahid di Indonesia, tentu saja tak heran jika memiliki fasilitas umum yang serba mewah, termasuk terminalnya. Terminal Mengwi yang terletak di Badung, Bali bisa dibilang memiliki bangunan yang megah. Bahka  memperoleh peringkat tertinggi dari terminal-terminal lain. Sayangnya, terminal ini masih kurang optimal dalam pemanfaatannya.

Terminal Bandar Raya Payung Sekaki


[ Image Source ]
Beralih ke pulau Sumatera, tepatnya di Pekanbaru, kita akan menemui terminal yang tak kalah megah dengan sebelumnya. Saking megahnya, bangunan terminal ini bahkan tampak seperti Bandara. Terletak di persimpangan Jalan Arteri Siak II Labuh Baru, Payung Sekaki, Pekanbaru. Tak hanya itu, terminal ini juga menyediakan penginapan bagi penumpang yang kemalaman. Tarifnya pun beragam, tinggal pilih saja kelas ekonomi atau VIP.