Salah satu tantangan terbesar bagi seorang anak kos adalah menyiapkan makanan untuk dikonsumsi setiap hari. Mie instan, biasanya selalu terpilih menjadi masakan andalan anak kos. Selain karena harganya yang murah meriah, cara memasaknya yang sangat mudah pun menjadi alasan utama mengapa mie instan selalu menjadi favorit.
Tetapi mengkonsumsi mie instan terlalu sering tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Masakan praktis yang bisa disajikan cepat, sebenarnya bukan hanya mie saja loh. Dengan sedikit usaha lebih, menu-menu yang bisa diolah dalam waktu cepat ini, juga bisa dipilih sebagai menu instan  ala anak kos.

1. Roti bakar

[ Image Source ]
Ingin sarapan roti bakar tanpa ribet? Nggak harus pakai penggorengan atau pemanggang roti, setrikaan yang nganggur pun bisa kita manfaatkan sebagai alat panggang roti. Mudah saja, cukup lapisi permukaan roti dengan kertas, lalu tempelkan setrikaan di atasnya. Jangan terlalu lama ya, yang penting tekstur roti sudah berubah agak garing. Setelahnya roti tersebut bisa kamu olesi dengan selai kesukaanmu.

2. Tumis kangkung

[ Image Source ]
Tubuh anak kos pun perlu asupan vitamin dari sayuran. Kelihatannya memasak sayuran itu memang ribet. Dimulai potong memotong sayuran, sampai persiapan bumbu-bumbunya. Eits, jangan salah, menu tumis kangkung bisa diolah dengan cara yang gampang banget loh. Cukup tumis bawang merah, bawang putih, lalu masukkan potongan kangkung. Tambah garam dan bumbu penyedap sedikit, tumis kangkung pun siap disantap. Bahkan kalau benar-benar mau praktis, kamu bisa membeli bumbu tumis kangkung instan yang kini sudah banyak dijual di pasaran.

3. Sarden

[ Image Source ]
Sebenarnya sarden itu adalah jenis makanan yang sudah matang, sebelum menyantapnya kita hanya perlu memanaskannya saja sebentar. Dan agar lebih berasa, cobalah untuk menumis irisan bawang merah, bawang putih, serta jahe. Baru kemudian masukan sarden ke penggorengan, dan tambahkan sedikit saus sambal. Jadi deh teman makan instan dengan bumbu spesial.

4. Omelete tahu

[ Image Source ]
Bosan dengan telur dadar yang hanya digoreng biasa? Kita modifikasi saja telur dadar yang akan kita masak dengan menambahkan tahu yang dihancurkan dan sedikit irisan bawang merah. Nah saat digoreng, sebaiknya tekan-tekan bagian permukaan omelete ya, agar tahu hancur yang terselimuti telur bisa ikut matang.

5. Kentang goreng

[ Image Source ]
Ingin ngemil yang mengenyangkan? Ayo kita buat kentang goreng sendiri. Caranya gampang baget dong. Cukup kupas kentang, potong-potong memanjang, lalu rendam selama beberapa menit dalam air yang sudah diberi garam dan bumbu penyedap. Jika dirasa bumbu sudah meresap, goreng kentang sampai berubah warna agak kecoklatan. Tiriskan minyaknya, lalu taburi bumbu perasa jika dirasa masih kurang asin.

Itulah tadi 5 jenis masakan praktis yang cocok banget untuk kehidupan anak kos. Nggak ribet, Nggak perlu waktu lama, dan yang pasti nggak harus keluar duit banyak-banyak. Selamat mencoba!