Jika kota identik dengan panas dan polusi, maka tidak demikian dengan Kuningan. Kota ini berada di kaki gunung Ciremai. Tak heran jika Kuningan termasuk kota dengan destinasi wisata pegunungan yang diunggulkan. Udara segar dan sejuk di kota ini juga jadi daya tarik tersendiri. Kota di Jawa Barat ini rupanya menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung. Dan berikut ini adalah lima destinasi wisata populer di Kuningan.

Gedung Perundingan Linggarjati

Salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan sejarahnya yaitu Gedung Perundingan Linggarjati. Dulunya, gedung ini merupakan tempat yang digunakan bagi Indonesia dan Belanda dalam merundingkan pengakuan kedaulatan Indonesia. 
[ Image Source ]
Gedung tersebut berlokasi di Desa Linggarjati, Kecamatan Cimulus. Berada di kaki gunung Ciremai, di bagian Tenggara. Pada masa penjajahan Jepang, gedung ini sempat direbut oleh Hyokai Ryokai di tahun 1942, namun berhasil direbut kembali oleh pejuang Indonesia di tahun 1945.

Sangkanhurip Alami

Di Indonesia memang memiliki banyak sekali sumber air panas yang lokasinya pasti menjadi magnet yang menarik banyak wisatawan. Salah satunya terletak di Kuningan, yang memiliki pemandian air panasyang mengandung yodium. Air hangat di Sangkanhurip Alami tak hanya membuat Anda nyaman, namun juga menyehatkan. 
[ Image Source ]
Terdapat dua pilihan untuk berendam di sini, bisa di ruangan tertutup ataupun kolam terbuka. Disediakan juga kolam yang dikhususkan untuk anak-anak yang dilengkapi dengan seluncuran. Pemandian ini terletak tak jauh dari pusat kota.

Lembah Cilengkrang

Jika Anda mendambakan suasana asri, bisa memilih Lembah Cilengkrang yang lokasinya berbatasan dengan Desa Pajambon, Kecamatan Kratamulya. Wisata yang berada di kawasana Taman Nasional Gunung Ciremai ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan alam yang masih begitu alami,
[ Image Source ]
Dilengkapi dengan bumi perkemahan yang memungkinkan bagi Anda untuk mendirikan tenda di sana dan menginap. Tak hanya itu, di lokasi ini Anda juga akan menemukan air terjun yang sangat cocok untuk berfoto. Ada pula air panas yang bisa digunakan untuk mandi.

Telaga Remis

[ Image Source ]
Wisata bernuansa tenang ini berlokasi di Desa Kaduela. Memiliki udara yang sejuk dan bebas polusi, Telaga Remis pasti membuat Anda betah berlama-lama menghabiskan waktu di sini. Pemandangan di sekitar telaga dipenuhi dengan pepohohan hijau yang rindang. Sementara air di telaga sangatlah tenang. Nama Telaga Remis sendiri berasal dari ‘remis’, nama sejenis kerang berwarna kuning yang hidup di sekitar telaga tersebut.

Taman Purbakala Cipari

 Salah satu tempat wisata yang menyajikan keunikan adalah Taman Purbakala Cipari yang berlokasi di di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur. Lokasi ini merupakan peninggalan manusia prasejarah di masa Megalithikum. 
[ Image Source ]
Selain berwisata, di sini Anda bisa belajar sejarah perkembangan peradaban manusia. Di sini ada beberapa benda peninggalan seperti kapak batu, gelang batu, gerabah dan juga peti kubur batu dan lain sebagainya.
Lima tempat wisata di atas memang populer di Kuningan, namun sebenarnya masih sangat banyak lokasi wisata yang tidak kalah nge-hits, menurut Anda, lokasi wisata apa lagi yang patut dikunjungi?