Selama ini mungkin Anda sudah mengenal Cirebon, karena kota tersebut juga terkenal sebagaai Pantura yang menghubungkan Jakarta Semarang dan Surabaya. Namun rupanya, Cirebon juga merupakan kota dengan potensi wisata yang memukaua. Jika liburan, Anda bisa memasukkan kota Cirebon sebagai pertimbangan untuk menghabiskan waktu berharga bersama keluarga. Berikut ini adalah lima lokasi wisata yang pasti jadi pesona tersendiri bagi Cirebon.

Menikmati Alam di Wanawisata Ciwaringin

[ Image Source ]
Menikmati pepohonan rindang nan sejuk, pasti membuat hati menjadi adem. Uniknya lagi, di lokasi wisata Wanawisata Ciwaringin banyak sekali pepohonan kayu putih. Selain menikmati hijunya suasana, Anda juga bisa menikmati pemandangan Danau Ciranca. Di sana Anda bisa juga memancing, Anda juga bisa membawa pulang ikan hasil pancingana di danau Ciranca lho, seru kan?

Serunya Akhir Pekan di Situ Sedong

[ Image Source ]
Situ Sedong adalah lokasi wisata di Cirebon yang biasanya ramai di akhir pekan. Wisata ini merupakan waduk buatan di Desa Sedong. Lokasi ini memiliki pemandangan yang akan memanjakan Anda dan keluarga. Selain itu, disediakan pula beberapa permainan yang akan menemani liburan Anda, seperti bebek air yang bisa digunakan untuk mengelilingi waduk.

Liburan Rasa Sejarah dan Budaya di Keraton Kasepuhan

[ Image Source ]
Cirebon juga memiliki keraton yang terkenal. Salah satunya adalah Keraton Kasepuhan yang merupakan keraton tertua di Cirebon. Pangeran Mas Mochammad Arifin II yang membangun keraton tersebut di tahun 1529. Keraton tersebut sangat mewah dan masih sangat terawat hingga kini. Bagi wisatawan luar kota, sangat sayang jika tidak mengunjungi lokasi wisata bersejarah ini.

Taman Sari Gua Sunyaragi

[ Image Source ]
Lokasi wisata yang tak kalah menarik lainnya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi yang terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Lokasi wisata ini dulunya digunakan oleh para raja dan keluarganya untuk mencari ketenangan. Terdapat dua ruangan antara lain pesanggrahan dan gua. Di pesanggrahan ada beberapa ruangan seperti kamar. Sedangkan gua yang ada, terlihat seperti candi jika dilihat dari luar. Namun di dalamnya tampak seperti gua yang memiliki banyak labirin.

Nyamannya Berendam di Banyu Panas Palimanan

[ Image Source ]
Lokasi wisata Banyu Panas Palimanan ini merupakan salah satu magnet yang menarik banyak wisatawan untuk datang tiap harinya. Terlebih, lokasi wisata ini tak jauh dari pusat Kota Cirebon, tepaatnya di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan. Anda hanya membutuhkan sekitar 25-30 menit untuk sampai ke lokasi ini. Sama seperti pemandian air panas lain, air di pemandian ini juga berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, dikarenakan kandungan belerang yang ada dalam air panas tersebut.

Tak disangsikan lagi jika Cirebon memiliki pesona wisata yang luar biasa. Lima lokasi wisata di atas, mana yang membuat Anda tergoda?