Memang tak bisa dipungkiri jika di dunia ini tidak ada yang gratis. Bahkan bisa dibilang jika saat ini semua serba mahal. Keluhan tersebut pasti biasa kita dengan dari ibu-ibu rumah tangga, terlebih di kota-kota besar. Namun, ternyata tidak semua kota besar di Indonesia itu membutuhkan biaya hidup yang mahal. Masih banyak kota yang biaya hidupnya murah. Lima di antaranya adalah sebagai berikut.

Solo

[ Image Source ]
Salah satu kota besar di Indonesia yang kaya dengan destinasi wisata dan kulinernya, ternyata Solo merupakan kota dengan biaya hidup yang murah. Jadi, jika Anda jalan-jalan ke kota Solo, jangan heran jika masih menemui warung nasi yang mematok harga sekitar 5000 rupiah. Boleh jadi UMR di kota tersebut tidak setinggi kota lain, namun hal itu sesuai dengan biaya hidup yang juga jauh lebih murah dibanding dengan kota-kota besar yang lain.

Cirebon

[ Image Source ]
Kota Cirebon juga tak kalah kalau membahas kuliner. Dan sama seperti kota Solo, Cirebon juga termasuk kota dengan biaya hidup yang murah. Untuk kebutuhan hidup yang sederhana, sekitar 800 ribu dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Tentu saja hal tersebut juga sesuai dengan standart pendapatan di kota tersebut ya.

Yogyakarta

[ Image Source ]
Yogyakarta merupakan salah satu kota besar yang paling diminati oleh para perantau dan juga pelajar. Menjadi kota pendidikan nomer wahid di Indonesia, tak heran jika Yogyakarta selalu diserbu oleh para perantau yang berniat mencari ilmu di sana. Beruntung bagi para perantau karena Yogyakarta termasuk kota dengan biaya hidup yang murah. Biaya hidup rata-rata juga tak jauh berbeda dari kota Cirebon.

Purwokerto

[ Image Source ]
Jika ingin berlibur ke Purwokerto, Anda tak perlu ragu-ragu. Sebab di kota tersebut menawarkan banyak sekali destinasi wisata menarik, tentu saja lebih murah dari kota lain. Purwokerto adalah kota yang menjadi bagian dari Banyumas yang terkenal dengan logatnya yang unik, biasa disebut ngapak. Biaya hidup di kota ini seketar satu juta perbulan.

Sibolga


[ Image Source ]
Beralih ke daerah Sumatera, masih ada kota Sibolga yang dikenal dengan biaya hidupnya yang murah. Tak seperti kota di pulau Sumatera yang lain, kota Sibolga diperkirakan hanya membutuhkan rata-rata 1-1,5 juta perbulan untuk kehidupan yang sederhana. terlebih, kota Sibolga juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik berupa pantai dan juga lereng yang menghadap ke pegunungan. Ingin berwisata murah meriah, bisa kunjungi kota ini.