Batam adalah sebuah pulau padat yang dihuni 1,2 juta jiwa. Letaknya berbatasan langsung dengan negara Singapore. Untuk sebuah pulau, Batam tergolong tak terlalu besar. Meski demikian, banyak hal yang membanggakan dari pulau ini. Berikut ini adalah lima keunggulan dari Batam yang harus Anda ketahui.

Jembatan Barelang

[ Image Source ]
Jembatan ini adalah penghubung pulau Batam dengan beberapa pulau lain, yaitu Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Tonton, Pulau Galang Baru dan lainnya. Jembatan Barelang bahkan sudah menjadi icon bagi pulau Batam. Selain dikenal dengan nama jembatan Barelang, jembatan ini juga biasa disebut dengan jembatan Fisabillah oleh masyarakat setempat.

Kabel Listrik Bawah Tanah

[ Image Source ]
Tiap kali bertandang ke kota-kota besar, mungkin Anda akan menemukan pemandangan kabel listrik di sepanjang jalan. Terhubung dari tiang satu ke tiang lainnya. Mungkin kita sudah terbiasa dengan pemandangan yang mengganggu tersebut. Namun, jika suatu kali Anda berkunjung ke pulau Batam, jangan kaget jika Anda tidak menemukan kabel listrik, sebab di Batam kabel listrinya sudah tertanam di bawah tanah. Jadi terlihat lebih rapi, kan?

Kawasan Ekonomi Khusus

[ Image Source ]
Banyaknya Undang-undang serta peraturan pemerintah yang berkaaitan dengan Free Trade Zone Batam tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pulau Batam. Hal itu yang mendorong lebih banyak investor dalam negeri ataupun dari luar. Selain dikenal sebagai kawasan industri, Batam juga bebas PPn dan PPN BM.

Impor Langsung Mobil CBU

[ Image Source ]
Jangan kaget kalau harga mobil di Batam bisa 40% lebih murah dari tempat lain. Sebab, Batam sudah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus yang diperbolehkan mengimpor mobil langsung dari negara asal, bebas PPN dan PPN BM pula. Namun sayangnya, mobil-mobil yang dibeli di Batam tidak bisa dimutasi keluar pulau tersebut, jadi hanya bisa dipakai di Batam seumur hidup.

Pelabuhan Ferry Internasional


[ Image Source ]
Lokasi pulau Batam yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapore dan Malayasia membuat pulau ini memiliki banyak pelabuhan. Tentu saja dengan taraf Internasional, dan biasa dipergunakan oleh tiga negara: Indonesia, Malaysia dan Singapore. Pelabuhan tersebut antara lain Internasional ferry Terminal Batam Centre, Harbour Bay, Sekupang ferry Terminal, Nongsa Pura, Waterfront City marina.