Berada di sebelah utara Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dikenal sebagai jalur alternatif dikala musim mudik lebaran tiba. Eits, jangan salah, meski lebih dikenal sebagai bagian dari rute alternatif, sesungguhnya Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.
Apalagi setelah Purwakarta dipimpin oleh Bupati Dedi Mulyadi, Kabupaten ini nampak tengah bersolek, dengan dibangunnya beberapa tempat wisata keren yang menjadi andalan pariwisata baru Purwakarta. Nggak percaya? Coba deh kunjungi lima tempat di bawah ini! Dijamin kamu bakalan ngiler, dan langsung ngidam kepingin ke Purwakarta.

1. Museum Bale Panyawangan Diorama

Menyatukan tiga unsur sekaligus, yakni arsip, seni dan teknologi, Museum Bale Panyawangan Diorama menyajikan sejarah sunda dengan cara yang berbeda. Jika selama ini kesan kuno melekat erat pada kata museum, lain halnya dengan museum yang satu ini. 
[ Image Source ]
Sebut saja satu spot unik yang menggunakan sepeda onthel dan layar LCD sebagai media informasinya. Layar ini akan memutar video-video mengenai sejarah Purwakarta jika kita mulai mengayuh sepeda. Kalau berhenti? Ya otomatis videonya juga akan berhenti. Menarik kan?

2. Desa Sejuta Batu

Terletak di Kecamatan Tegalwaru, bagi kamu-kamu yang memiliki hobi cukup menantang, cobalah kunjungi desa ini. Panjat tebing, camping, off road, hiking, dan trekking bisa menjadi aktivitas seru yang bisa kamu pilih. 
[ Image Source ]
Tapi kalau cuma mau foto-foto juga bisa kok, soalnya panorama yang diperlihatkan di desa ini sudah menjadi tempat langganan para calon pengantin untuk berfoto prewedding.

3. Kuburan Kereta Api

Ih serem, ini kuburan! Eits, tunggu dulu! Yang satu ini memang kuburan, tapi nggak bakalan bikin bulu kuduk kamu berdiri karena merasa ketakutan. Berada di area Stasiun Purwakarta, tempat ini memang bukanlah sebuah tempat wisata komersil. 
[ Image Source ]
Kuburan yang dimaksud sebenarnya adalah sebuah lahan yang dijadikan tempat menumpuknya kereta-kereta lama yang sudah nggak dipakai lagi. Disusun seperti mainan, tumpukan kereta ini bisa dijadikan latar yang ciamik untuk berfoto selfie.

4. Waduk Jatiluhur

[ Image Source ]

Di waduk yang kabarnya adalah waduk terbesar di Purwakarta ini, bukan hanya sekumpulan air yang bisa kamu lihat. Dengan berbagai fasilitas yang ada, kamu juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan asyik tanpa merasakan kebosanan. Area playground, kolam renang dengan water slide, lapangan tenis, dan jangan lupakan juga warung-warung yang berada di sekitar waduk, bisa kamu sambangi untuk mengisi waktumu di waduk ini.

5. Taman Air Sribaduga

[ Image Source ]
Ini dia nih ikon baru pariwisata Purwakarta. Kamu nggak harus jauh-jauh ke Dubai untuk menyaksikan pertunjukan air mancur menari. Di Indonesia, Jawa Barat, tepatnya di Purwakarta pertunjukan air mancur menari pun bisa kamu tonton secara langsung. Siraman air yang dipadukan dengan alunan musik, diterpa cahaya lampu ketika malam tiba, tentunya akan menjadi sajian indah yang bisa membius para pengunjung. Datang dan saksikan sendiri deh!
Sudah mulai kepincut sama Purwakarta? Ayo segera tentukan hari berliburmu dan nikmati keindahan Purwakarta.