Ada sebuah pepatah yang mengatakan ‘Hanya yang bekerja yang layak untuk makan’. Hal itu tentu agar tiap manusia yang hidup di dunia ini tidak bermalas-malasan. Namun beberapa orang merasa kalau mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi orang-orang yang baru saja menyelesaikan studinya.
Mungkin kamu adalah salah satu orang yang merasa kesusahan mendapat pekerjaan. Tapi, jangan lantas berputus asa. Karena dengan menerapkan lima cara ini, kamu pasti akan segera mendapat pekerjaan.

Siapkan File yang Dibutuhkan

[ Image Source ]
Sebelum melamar pekerjaan, tentunya kamu harus menyiapkan segala yang dibutuhkan seperti surat lamaran pekerjaan hingga segala data yang dibutuhkan seperti ijazah dan juga daftar riwayat hidup. Lengkapilah semua peryaratan untuk melamar pekerjaan tersebut, dan jangan sampai ada yang terlewat. Kelengkapan persayaratan tersebut sangat penting untuk menunjukkan keseriusanmu dalam mencari pekerjaan.

Aktif di Jejaring Sosial

[ Image Source ]
Di zaman yang serba canggih ini, tak jarang perusahaan atau boss yang menyebar informasi lowongan pekerjaan di jejaring sosial. Hal ini tentu saja sangat mempermudah banyak pihak. Kamu juga bisa memanfaatkan hal ini dengan bergabung dengan grup-grup informasi pekerjaan di facebook. Tiap harinya pasti ada info lowongan pekerjaan, kamu bisa memilih yang sesuai denganmu dan mengcoba mendaftarkan diri.

Belajar Interview

[ Image Source ]
Setelah mengirim lamaran pekerjaan, tak serta merta kamu akan diterima. Tentu saja ada bagian yang begitu sulit, yaitu sesi wawancara. Seorang personalia akan memutuskan menerima kamu atau tidak setelah melakukan interview. Untuk mengurangi risiko ditolak, baiknya kamu berlatih interview terlebih dahulu. Kamu bisa mencari video di YouTube, bagaimana cara melakukan wawancara yang benar.

Jangan Mematok Standar Terlalu Tinggi

[ Image Source ]
Memiliki pekerjaan yang bergengsi dan bergaji tinggi adalah impian setiap orang. Tapi, tentu hal itu tidak semudah membalik telapak tangan. Profesi bagus, tentu banyak pesain yang ingin mendapatkannya. Karena itu, jika Anda gagal mendapatkannya, bukan berarti Anda harus berpangku tangan menunggu kesempatan yang sama datang. Carilah peluang kerja yang lain. Jangan biarkan diri Anda jadi pengangguran. Sebab, sekecil apapun suatu pekerjaan, masih lebih terpandang daripada jadi seorang pengangguran.

Berdoa

[ Image Source ]
Setelah merasa cukup melakukan persiapan, kini Anda hanya perlu menyerahkan hasilnya pada yang Maha Kuasa. Banyak-banyaklah berdoa, agar hati personalia digerakkan untuk menerima Anda. Jangan lupa, mintalah restu ibu, istri atau orang-orang yang ada di sekeliling. Sebab, tak ada yang lebih ajaib dari doa.

Demikianlah lima tips mendapatkan pekerjaan. Di zaman modern ini memang tak mudah untuk mencari pekerjaan meski dengan pendidikan tinggi. Namun, dengan kemauan keras, tak ada gunung yang tak bisa didaki. Semoga beruntung.