Barangkali Anda sudah tidak asing lagi dengan suku Betawi. Suku Betawi adalah penghuni asli kota Jakarta yang merupakan perpaduan suku-suku yang sebelumnya tinggal di Jakarta seperti Jawa, Sunda, Bali, Sumbawa, bahkan Arab dan Tionghoa. Jika Anda berpikir jika kota Jakarta hanya dipenuhi dengan hingar bingar, sepertinya Anda patut tahu dengan lima kekayaan Betawi berikut ini.

Betawi punya budaya seni yang sangat menghibur

[ Image Source ]
Jakarta adalah kota yang sangat sibuk. Kota yang menjadi tujuan para para perantau untuk bekerja. Tak heran jika tiap harinya kota ini penuh hiruk pikuk kesibukan mengais rezeki. Namun, adanya suku Betawi masih menyelamatkan jati diri Jakarta. Meski sibuk, masih ada kesenian rakyat yang bisa jadi hiburan terserndiri. Salah satunya adalah Ondel-ondel. Tentu Anda tak asing lagi dengan boneka yang memiliki tinggi mencapai 2,5 meter ini.

Adat istiadat suku Betawi jelas berbeda dari yang lain

[ Image Source ]
Pernahkah Anda melihat adat pernikahan orang Betawi? Sebelum melakukan sesi ijab qabul, pasangan pengantin biasanya harus melalui beberapa prosesi terlebih dahulu. Misalnya tahap perkenalan yang dibantu oleh mak comblang, dilanjut dengan lamaran, kemudian pingitan, siraman lalu potong cantung dan seterusnya. Puncaknya adalah ketika akad nikah. Dalam setiap pernikahan orang suku Betawi, biasanya akan selalu ada roti buaya. Ini juga salah satu adat yang sudah ada sejak dulu.

Betawi juga punya bahasa daerah

[ Image Source ]
Ingat si Doel anak sekolahan? Dalam sinetron lawas tersebut mungkin kita bisa banyak belajar tentang ciri khas orang Betawi. Dari segi bahasa daerah, sebenarnya bahasa Betawi tidak banyak memiliki perbedaan dengan bahasa Indonesia. Orang Betawi saat menggunakan bahasa daerah hanya mengganti huruf A dengan E. Misalnya saja, dimane, kemane, kenape, ade, ape dan lain sebagainya.

Orang Betawi juga religius

[ Image Source ]
Sebagian besar orang Betawi beragama islam. Meski ada beberapa penganut agama lain, namun tidak banyak. Masyarakat Betawi tidak dapat dipisahkan dengan agama islam dalam menjalani aktivitas. Hal itu sudah menjadi subkultur yang mengakar di masyarakat. Bahkan, pakaian adat orang Betawi pun memiliki identitas keislaman, pakaian tertutup dilengkapi dengan kerudung bagi perempuan dan penutup kepala untuk laki-laki.

Perkembangan hidupnya cepat meningkat

[ Image Source ]
Betawi merupakan suku yang perkembangan hidupnya paling cepat dari yang lain. Mungkin karena kondisi Jakarta yang merupaka ibu kota negara Indoneisa, jadi perkembangan teknologinya pun lebih unggul dari yang lain. Kebanyakan teknologi yang ada di Jakarta adalah teknologi canggih yang berasal dari bangsa asing. Karena terbiasa dengan teknologi canggih, orang Betawi pun lebih dulu beradaptasi dengan teknologi canggih tersebut.

Barangkali Jakarta adalah kota yang dipernuhi masyarakat dari segala penjuru. Namun, adanya masyarakat suku Betawi adalah salah satu yang membuat Jakarta tetap membudaya, yang menghidupkan identitas Jakarta sebagai kota yang kaya adat istiadat.