Anda pernah berpikir untuk menjelajah hutan terbaik di Indonesia? Sesekali memiliki obyek wisata hutan sepertinya menarik. Berwisata adalah cara paling ampuh untuk melepas stress Anda setelah lelah bekerja. Wisata alam barangkali bisa jadi jawabannya. Luangkanlah satu hari dalam sebulan untuk merefresh pikiran dengan berwisata. Jika Anda mereka sudah terlalu sering mengunjungi pantai atau gunung, tak ada salahnya jika mengunjungi hutan. Dan berikut ini adalah lima rekomendasi hutan terbaik di Indonesia yang patut dijelajahi.

Hutan Halimun Salak

[ Image Source ]
Hutan ini adalah salah satu lokasi populer untuk trekking, tak hanya itu Taman Nasional Halimun Salak merupakan kawasan hutan pegunungan yang tersisa dan terluas di Jawa Barat. Selain itu, hutan ini juga memiliki sumber plasma nutfah dan keanekaragaman satwa dan tumbuhan dan merupakan kawasan ekosistem hutan alam.

Hutan Wasur

[ Image Source ]
Hutan ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Kondisinya juga masih sangat alami. Merupakan lahan basah yang dijuluki sebagai Serengeti Papua. Salah satu destinasi istimewa bagi para wisatawan. Terdapat banyak danau kecil di hutan tersebut. Jenis satwa umum yang dijumpai adalah kanguru pohon, kesturi raja. Kasuari gelambir, dan dara mahkota. Lahan basah ini merupakan ekosistem paling produktif menyediakan bahan perlindungan dan pakan bagi jenis ikan, kepiting dan udang.

Hutan Betung Kerihun

[ Image Source ]
Dalam hutan ini terdapat berbagai macam jenis fauna, sekitar 48 jenis mamalia, 17 jenis binatang pengerat, 18 jenis mamalia besar jenis Chiroptera dan juga 7 jenis primata dan masih banyak yang lain. Tak hanya fauna yang hidup di darat, terdapat pula fauna air di sekitar hutan seperti jenis buaya, kura-kura air tawar sampai ular. Sementara untuk spesies ikan, terdapat kurang lebih 123 stasiun di 36 sungai besar dan kecil. Hutan ini merupakan rumah lindung bagi banyak sekali jenis fauna, tak heran jika disebut dengan hutan terbaik di Indonesia.

Hutan Arfak

[ Image Source ]
Hutan hujan tropis ini memang sangat menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun asing. Berlokasi di kota Manowari, Propinsi Papua Barat, Pegunungan Arfak. Kondisi Hutan Arfak masih sangat bagus. Burung-burung sangat mudah dilihat beterbangan di sekitar pepohonan. Jika mengunjungi hutan tersebut, baiknya Anda siapkan kantong plastik untuk melindungi gadget yang Anda bawa jika sewaktu-waktu hujan turun.

Hutan Bukit Bangkirai

[ Image Source ]
Jika berkunjung ke Kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan Timur, Anda patut memperhitungkan wisata Hutan Bukit Bangkirai yang merupakan Hutaan Tropis yang menyuguhkan keindahan alam yang tak biasa. Kawasan ini adalah Kawasan Hutan Konservasi yang luasnya mencapai 1500 Ha dan 510 Ha sudah diresmikan sebagai kawasan wisata di tahun 1998. Tak hanya hutan, kawasan wisata ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap. Ada beberapa cottage untuk menginap yang sudah dilengkapi listrik dan ada pula yang belum memiliki listrik khusus untuk pengunjung yang ingin merasakan suasana yang benar-benar alami.

Hutan merupakan paru-paru dunia. Makin sedikitnya hutan di Indonesia memang membuat miris. Semoga saja lima hutan terbaik di Indonesia tersebut tetap terjaga kelestariannya.