Di zaman yang serba canggih ini, memiliki notebook memang nggak kalah penting dengan ponsel. Banyak orang yang membutuhkan laptop dengan performa terdepan, namun kerap berbenturan dengan budget yang ada. Tapi, asal tau saja, nggak semua produk andalan itu memiliki harga yang ampun-ampunan. 

Sebagai generasi terdepan, ASUS memang bisa diandalkan. Itu sebabnya aku selalu fanatik menggunakan produk ASUS. Sebelumnya, aku menggunakan ASUS X450C yang jadi partner menulis novel, skenario, artikel dan juga buat nonton drama, hehe... Oke, selama 3 tahun aku menggunakan notebook tersebut siang malam, dan sejauh ini nggak ada kendala sama sekali. Sejak saat itu, rasanya aku mulai memberikan kepercayaan penuh pada semua produk ASUS. Dan kali ini, aku mulai menyoroti produk terbarunya ASUS yaitu ZenBook UX410UQ. ASUS generasi baru tersebut selalu bikin aku berdecak kagum. Gimana nggak? Ibarat gebetan, ASUS ZenBook UX410UQ itu benar-benar kriteria sempurna, tanpa cela. Dan aku ngerekomendasikan laptop ini buat kamu para kreator. Kenapa? Karena aku tahu banget 11 alasannya:

1.  Tampilannya elegan dan ramping abis

 
ASUS ZenBook UX410UQ [image source]

Ibarat cewek, ASUS ZenBook UX410UQ itu punya body yang langsing banget. Well, seri ZenBook memang selalu dirancang dengan tampilan tipis dan ringan. Demikian dengan ZenBook UX410 yang hanya memiliki ketipisan 18.95mm. Paduan alumunium juga membuat generasi baru ini hanya memiliki berat 1.4 kg. Benar-benar sangat ringan dan mudah dibawa ke mana saja. ZenBook UX410 ini juga makin cantik dengan dua pilihan warna: Quartz Grey atau Rose Gold.

2. Performa Tingkat Dewa

Performa nggak main-main [image source]
Salah satu ciri khas dari ZenBook tentu saja adalah performa mobilitas yang luar biasa. Kali ini, ASUS ZenBook UX410 punya prosesor Intel Core i7 dan sudah dilengkapi dengan OS Windows 10, selain itu RAM 16GB DDR4 213 MHz dan grafis NVIDIA® GeForce® 940MX. Performa tersebut bener-bener cocok buat kamu yang demen main game. Karena grafisnya andalan, kamu bakal menikmati gambar yang tajam. Yang nggak kalah menarik adalah Wi-Fi 802.11ac terbaru juga menawarkan kecepatan super. Ada pula bluetooth® 4.1 yang akan memudahkan kamu melakukan transfer data melalui gadget. Berita bagusnya lagi, ZenBook UX410 yang sudah dilengkapi dengan reversible port USB Tipe C. Memungkinkan kamu terhubung ke monitor, TV atau proyektor. Saat menggunakan ZenBook ini, kamu juga nggak perlu terlalu sering mencari sumber listrik, karena produk sangat efisien dalam penggunaan energi. 

3. Layarnya lebar dan super jernih
 
Layarnya jernih dan lebar [image source]

Lebar layar ASUS ZenBook UX410 juga bakal memberikan kamu kepuasan tersendiri, yakni 14-inci dengan tampilan Full HD. Hal ini memang begitu ajaib, secara layar tersebut dimasukkan dalam laptop yang tidak lebih besar dari 13-inci. Kok bisa? Rahasianya adalah bezel ultra tipis 6mm layar lebih besar bisa dipasangkan. Resolusi menakjubkan juga memungkinkan kamu dalam mengedit foto atau video jadi lebih mudah. Dengan kerapatan 276 per inci begitu menakjubkan, membuat semua detail terkecil setajam jarum. 

4. Warnanya Lebih Kaya dan Akurat 

Warna lebih karya dan akurat [image source]
Yang musti kamu tahu, Zenbook UX410 juga dilengkapi fitur dislpay range gamut yang luas lho. Lebarnya 72% NTSC. Alhasil, laptop ini juga bisa menampilkan banyak warna, dan berita bagusnya lagi, warna tersebut juga lebih nyata daripada tampilan standar. Tampilan sudut yang lebar juga ngejamin kontras dan reproduksi warna nggak terdegradasi sampai 178°.

5. Mata Kamu Aman Karena ASUS Zenbook UX410 Punya Eye Care Mode

Eye Care Mode [image source]
Dikejar deadline bikin seharian kudu ngadep komputer. Dan itu bikin mata lelah, perih, pedes, pernah ngalamin itu? Ah, itu cuma masa lalu. Harusnya hal itu nggak bakal terjadi lagi kalau kamu menggaet ASUS Zenbook UX410 sebagai partner kerja. Secara, laptop ini punya Eye Care mode yang bisa mengurangi emisi lampu biru sampai 30%. So, mata kamu jadi terlindungi deh saat mode ini sedang digunakan. 
  

6. Kapasitasnya Nggak Usah Dipertanyakan, Unggulan Banget!

Kapasitas unggulan [image source]

Salah satu bagian paling penting dalam laptop tentu saja kapasitasnya. Sejauh ini, nggak ada yang lebih cepat dari 1TB harddisk (HDD), dipadu dengan 128GB solid-state disc (SDD) yang ada pada ZenBook UX410, sangat memungkinkan kamu untuk menyimpan file-file dengan ukuran raksasa. Untuk penyimpanannya sendiri juga jauh lebih cepat daripada hardisk biasa. 

7. Konektifitas Ultra

konektifitas ultra [image source]
Generasi baru ini sudah dilengkapi dengan port USB Type-C, reversibel dengan desingn yang bisa meminimalisir kesalahan saat melakukan sambungan ke perangkat. Untuk pengiriman data transfer juga memiliki kecepatan 10 kali lebih kilat daripada koneksi pendahulunya. Dilengkapi dengan port USB 3.0, Port HDMI juga Slot SD Card yang bakal mempermudah kamu untuk menyambungkan laptop dengan perangkat yang kamu butuhkan.


8. Super Kilat 802.11ac Wi-Fi

Wi-Fi ultra cepat [image source]
Laptop lelet saat terhubung dengan Wi-Fi? Itu cuma masa lalu! Hari gini, sudah ada ZenBook UX410 yang bikin kamu terhubung lebih cepat dan juga lebih jauh dengan tipe Wi-Fi 802.11ac paling gres! Asal tau saja, Wi-fi ini sampai 2,8 kali cepet dari 802.11 b/g/n! dan Bluetooth® 4.1, yang jelas bikin kamu terhubung dengan perangkat favorit tanpa banyak mempengaruhi baterai. Ajiiib!

9. Backlit Keyboard nyaman 

 
Backlit keyboard [image source]

Laptop satu ini memang dibuat dengan begitu detail. Bukan cuma performa, bahkan Backlit Ketboard juga dibuat dengan kokoh, dengan jarak tombol 1.6mm yang bikin penggunanya ngerasa pas banget. Cahaya di bagian belakangnya juga lembut, dijamin bikin kamu nyaman meski kondisi cahayanya kurang.

10. Touchpad Ajaib

Touchpad Ajaib [image source]

Ngomongin soal touchpad, UX410 ini dilapisi dengan kaca yang pretisi yang menggunakan teknologi yang dikembangkan untuk layar sentuh smartphone. So, touchpad laptop jagoan ini juga sangat sensitif sepeperti ponsel pintar kamu. Touchpad yang juga memiliki sensor sidik jari untuk login yang lebih cepat, mudah dan tentu saja aman. Belum lagi, tampilan touchpadnya juga sangat cantik karena banyak potongan berlian di sekitarnya. Wuih...

11. Komplit dengan ASUS SonicMaster: Memberikan Pengalaman Suara yang Hebat

SonicMaster [image source]
Seperti pendahulunya, keluarga ASUS ZenBook memang selalu memiliki keunggulan suara yang luar biasa, karena dikembangkan oleh tim ASUS Golden Ear dan Harman Kardon. Teknologi ASUS SonicMaster juga bakal memberikan kualitas suara laptop. ZenBook UX410 dijamin memberikan pengalaman suara yang luar biasa. 

Itulah 11 alasan kenapa ASUS ZenBook UX410 dijamin bakal jadi partner yang sempurna untuk penunjang kreatifitas dan kerjaan kamu. Laptop generasi baru ini memang menawarkan segala macam yang kita butuhkan. 
Note: tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway yang diadakan oleh Bayu Skak dan ASUS Indonesia.