Kunyit adalah salah satu bumbu rempah yang selalu ada di dapur. Warna kuningnya yang kuat begitu berguna untuk memberi daya tarik pada masakan. Kunyit juga kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat jamu. Mungkin Anda sudah familier dengan jamu kunyit yang menyehatkan. Namun, ternyata kunyit juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yang jarang diketahui orang. Berikut ini adalah lima manfaat kunyit yang mungkin belum Anda ketahui.

Meningkatkan kekebalan tubuh

[ Image ]
Tentu tak jarang Anda mendengar jika kunyit sangat baik dikonsumsi, terlebih bagi orang-orang yang dalam masa penyembuhan dari sakit. Tentu saja karena kunyit memiliki kandungan zat anti oksidan, untuk mencegah radikal bebas. Dan juga berperan sebagai meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tak mudah sakit lagi.

Baik untuk kesehatan jantung

[ Image ]
Jantung adalah organ vital manusia. Itulah sebabnya kita harus senantiasa menjaga kesehatan jantung. Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan memanfaatkan kunyit. Sebab, kunyit memiliki kandungan bermacam-macam vitamin, zat besi serta mineral dan juga potesium. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun sel darah merah. Dalam kunyit juga mengandung kalium, yang sangat membantu untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung.

Baik untuk pencernaan

[ Image ]
Berbagai macam penyakit berawal dari pencernaan. Sebab, banyak bakteri yang ikut termakan dan bersemayam dalam pencernaan. Berbagai bakteri tersebut yang menjadi sumber penyakit. Dengan mengkonsumsi kunyit, Anda bisa membantu menyehatkan pencernaan. Sebab, kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat untuk membunuh bakteri jahat.

Mengencerkan darah

[ Image ]
Tentu banyak sekali masalah kesehatan yang bermula dari peredaran darah yang tidak lancar. Namun, yang harus Anda ketahui adalah, mengkonsumsi kunyit dapat membantu menyencerkan darah. Hal tersebut bermafaat agar aliran darah menjadi lebih lancar.

Mengatasi Asma

[ Image ]
Asma merupakan penyakit yang cukup menyiksa. Saat kambuh, penderita asma akan kesulitan bernapas dan tentu saja itu mengkhawatirkan. Kunyit adalah salah satu rempah yang berkhasiat untuk mengatasi asma. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan segelas susu yang masih hangat. Cobalah mengkonsumsinya dengan konsisten agar asma tidak kambuh lagi. Tak hanya asma, campuran susu hangat dengan kunyit juga berkhasiat menyembuhkan pilek dan batuk.
Kunyit merupakan tanaman rempah yang murah meriah. Meski demikian, manfaatnya begitu luar biasa. Begitu beruntung negeri kita yang dipenuhi dengan tanaman rempah yang melimpah. Tanahnya yang subur, memungkinkan obat-obatan tumbuh subur. Nah, jangan sia-siakan kesempatan, yuk tanam kunyit di sekitar rumah.