Menyebut nama Ponorogo, yang terbayang di kepala kita tentu saja Reog yang terkenal hingga ke negeri seberang. Begitu populernya, bahkan kesenian khas Indonesia ini sempat diklaim milik negeri orang. Namun untunglah Ponorogo masih tetap menjadi pemilik icon tersebut. Kekayaan yang dimiliki Ponorogo sejatinya bukan hanya dari segi budaya saja, melainkan pariwisata. Berikut ini adalah lima wisata Ponorogo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Telaga Ngebel

[ Image Source ]
Wisata air di Indonesia memang banyak ragamnya, mulai dari air terjun, air panas, pantai hingga danau. Jika Anda petualang sejati, tentunya jiwa akan terpanggil untuk mengunjungi telaga Ngebel. Lokasi wisata ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Sebab, telaga yang masih terjaga kealamiannya tersebut menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Lokasinya berada di sekitar 30 km dari arah kota. Bisanya, di setiap tanaggal 1 Muharram akan diselenggarakan peringatan Grebeg Suro.

Tanah Goyang

[ Image Source ]
Jika Anda sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja, tak ada salahnya mengarahkan tujuan berlibur ke Ponorogo. Banyak sekali pilihan wisata yang bisa Anda kunjungi, tentu saja yang antimainstream. Salah satu lokasi wisata yang sangat unik, yaitu tanah goyang, dikatakan demikian karena memang benar tanah di lokasi tersebut bergoyang ketika diinjak. Penasaran bagaimana rasanya menginjak tanah tersebut, kan? Anda bisa mencobanya kapan-kapan.

Air Terjun Toyomerto

[ Image Source ]
Tak Jauh dari lokasi Telaga Ngebel, terdapat air terjun. Lokasinya hanya berjarak sekitar 5 km dari telaga Ngebel. Berlokasi di Dusun Toyomerto, Desa Pupus, Air Terjun tersebut juga biasa disebut Selorejo. Yang unik dari wisata tersebut adalah memiliki dua tingkat dalam satu aliran air. Ketinggian masing-masing tingkatan mencapai 25 sampai 30 meter.

Gunung Bedes

[ Image Source ]
Potensi wisata yang dimiliki Ponorogo yang lain yaitu Gunung Bedes. Berlokasi di Dusun Buyut Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko. Salah satu alasan mengapa Anda layak mengunjungi lokasi wisata ini adalah karena keindahan alamnya. Terlebih, jika Anda mendaki puncaknya, keindahan alam Ponorogo akan terlihat jelas dari ketinggian. Sangat cocok dijadikan tempat memotret.

Goa Maria Fatima

[ Image Source ]
Beralih ke lokasi wisata bernuansa religi. Di Desa Klepu Kecamatan Sooko juga bisa ditemukan tempat peribadatan umat Katolik.  Berlokasi di lereng pegunungan dan di bawah hutan pinus, lokasi Goa Maria Fatima memang sangat nyaman untuk dikunjungi. Membuat siapapun akan merasa betah berlama-lama berkunjung. Udara di sekitar pun sangat sejuk. Tak heran jika lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para peziarah dari dalam dan luar kota.

Pentingnya peran liburan untuk merefresh pikiran makin banyak disadari oleh masyarakat. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali lokasi wisata yang patut dikunjungi, salah satunya Ponorogo. Musim liburan selanjutnya, siap mencoba liburan ke sana?