Di seluruh penjuru negeri kita memang memiliki kekayaan masing-masing. Dari segi wisata, Indonesia bahkan menjamin semua masyarakat tidak kekurangan hiburan. Beberapa orang yang memiliki dana lebih, biasanya memilih untuk berlibur ke luar negeri. Hal itu tentu sah-sah saja. Namun, jika ingin lebih hemat, bukahkah lebih baik melirik wisata negeri sendiri? Toh, banyak sekali kota yang bisa dijadikan tujuan. Coba amati kota Pasuruan. Salah satu kota di Jawa Timur ini dihuni oleh 1,4 juta jiwa. Pasuruan menawarkan banyak sekali lokasi wisata yang tentunya sangat direkomendasikan untuk Anda berlibur bersama keluarga. Berikut ini adalah lima lokasi wisata di kota Pasuruan yang tak kalah memukau dari kota lain.

Menikmati wisata bernuansa sejarah di Candi Jawi

[ Image Source ]
Sesekali, berlagak seperti arkeolog boleh dong. Lokasi wisata satu ini cocok dijadikan setting pemotretan. Itung-itung untuk narsis di sosial media. Candi Jawi ini dibangung sejak zaman Kertanegara, sang Raja terakhir di kerajaan Singasari. Arsitektur dari candi ini adalah kombinasi dari Budha dan Hindu. Berletak di Desa Candi Wates . Candi Jawi ini juga berfungsi untuk menyimpan abu Raja Kertanegara. Dulu, banyak sekali arca-arca peninggalan sejarah, namun saat ini sudah dipindahkan ke museum. Hal yang unik dari lokasi wisata ini adalah selalu mengadakan Pentas Seni Bulan Purnama yang dilakukan di malam bulam bulan purnama, yang bercerita tentang asal-usul Candi Jawi.

Menghayati Indahnya Alam di Danau Ranu Grati

[ Image Source ]
Dari wisata sejarah, kita beralih ke wisata alam. Adalah Danau Grati, perairan yang memiliki luas hingga 107 hektar. Tak hanya luasnya Danau yang membuat terpana, namun pemandangannya sekitar yang luar biasa indah. Hal itu karena Danau ini memiliki latar pegunungan Tengger. Keindahan Danau Ranu sangat cocok untuk segala usia. Di lokasi ini biasanya juga digunakan sebagai budidaya ikan. Bagi Anda penggemar ikan, bisa langsung membelinya pada masyarakat dengan harga yang miring. Duh, cocok tuh buat oleh-oleh.

Ajak Si Kecil Belajar di Taman Safari Indonesia II

[ Image Source ]
Kini giliran wisata yang edukasi. Barangkali Anda yang memiliki putra putri balita, dan ingin mengajarkan anak-anak untuk mengenal binatang-binatang, Anda bisa mengajak mereka jalan-jalan ke Taman Safari II. Lokasi wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tak hanya itu, lokasi wisata ini juga merupakan penjaga silsilah Gajah Sumatera dan Banteng Jawa, yang merupakan hewan langka dan dilindungi. 

Wisata Nurani di Masjid Cheng Ho

[ Image Source ]
Setelah wisata sejarah, alam dan edukasi, saatnya untuk wisata religi. Tak ada salahnya mengunjungi Masjid Cheng Ho. Dari namanya, seperti China ya? Memang! Masjid Cheng Ho yang berlokasi di bagian Utara Pasar Buah Kasri ini sendiri memiliki arsitektur yang mirip dengan tempat peribadatan orang Kong Hu Chu. Benar-benar masjid yang unik. 

Liburan Sembari Olahraga di Kawasan Tretes

[ Image Source ]
Kali ini membahas wisata yang bernuansa olahraga. Anda yang selama ini mengaku malas berolahraga, mungkin akan berubah pikiran jika mengunjung Kawasan Tretes. Berlokasi di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuna, Kawasan Tretes sangatlah mudah dijangkau dari kota Pasuruan. Anda bisa menikmati tempat wisata yang dilengkapi dengan fasilitas lapangan tennis, lapangan golf, kolam renang hingga arena pacuan kuda. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati makanan yang dijajakan di sekitar lokasi. Anda juga bisa berkemah sambil menikmati indahnya pemandangan hutan pinus, mahoni sampai akasia.
.Berwisata ke kota Pasuruan, hmmm… sepertinya tak perlu pikir dua kali ya.