Setiap kota di Indonesia tentu memiliki kuliner yang diunggulkan. Di segala penjuru, memiliki kuliner yang rasanya nikmat. Begitu banyak resep masakan Indonesia yang bahkan sampai dikenal bangsa asing. Tentu sebagai bangsa Indonesia, patutlah kita merasa bangga. Sebab, setiap hari kita bisa menikmati makanan enak dan beragam. Salah satu kota yang memiliki kuliner enak adalah Solo. Dan berikut ini adalah lima menu yang patut Anda coba.

Sate buntel


[ Image Source ]
Makanan unik ini tak seperti sate kebanyakan. Buntel yang berarti bungkus memang sesuai dengan cara penyajian makanan ini, yaitu daging kambing yang dicincang, kemudian dibungkus dengan lemaknya sebelum dibakar. Bumbunya pun berbeda dengan sate lainnya. Bumbu sate buntel menyertakan merica juga sebagai pelengkapnya.

Timlo

[ Image Source ]
Menyebut nama timlo, mungkin yang terbayang di pikiran Anda adalah grup pelawak yang ada di tv. Namun kali ini kita tidak sedang membahas hiburan, namun kuliner enak. Timlo adalah salah satu makanan khas kota Solo. Makanan ini adalah sub yang terbuat dari kembang tahu, telur, daging ayam atau daging sapi. Makanan ini terkenal dengan keninkmatannya. Jadi, tak heran kalau menu ini memiliki banyak penggemar.

Nasi Liwet

[ Image Source ]
Nasi liwet sudah seperti makasan yang tiap hari disantap orang Solo. Tiap harinya, ada saja penjual nasi liwet yang menjajahkan dagangannya. Nasi yang dibungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut ini memang legendaris, namun masih tetap bertahan kepopulerannya hingga kini. Nasi ini memiliki rasa yang gurih, biasanya disantap bersama opor, daging, ayam, ataupun telur.

Bakso Solo

[ Image Source ]
Kota yang terkenal dengan baksonya memang Malang, namun Solo juga tak kalah. Berbeda dengan Malang yang isian baksonya sangat kompit berupa, mie, bola pentol, goreng, tahu dan somay, di Solo justru hanya berisi pentol dan kuah yang nikmat. Yang membuat kuah bakso terasa nikmat adalah adanya irisan tetelan. Bakso Solo bahkan bisa Anda jumpai di luar kota Solo.

Serabi

[ Image Source ]
Mungkin nama makanan ringan ini sudah tidak asing lagi di telinga. Makanan khas Solo ini terbuat dari tepung beras dan santan, kemudian digoreng satu persatu. Rasa makanan ini gurih. Untuk menambah aroma, bisa ditambah irisan nangka. Makin berkembangnya zaman, para pedagangpun tak kehabisan akal untuk membuat serabi makin menarik, yaitu menambah berbagai rasa seperti coklat, strawberry, nanas dan lain sebagainya.

Dari banyaknya kuliner Indonesia yang terkenal, Solo adalah salah satu kota penghasil makanan enak. Begitu enaknya hingga kuliner asal Solo banyak dikenal di seluruh penjuru negeri. Namun, tentu saja sensasi menikmati kuliner tersebut akan berbeda jika dinikmati di kota asalnya. Jika berkesempatan singgah di Solo, Anda tetap harus mencoba kuliner khasnya.