Mungkin masih banyak orang yang belum meneyadari betapa kaya negeri kita ini. Bahkan seringkali kekayaan tersebut membuat bangsa asing merasa iri. Tanah yang subur, perairan yang membentang, serta kekayaan flora dan fauna yang beragam. Sebagai penduduk asli, patutlah kita berbangga hati bisa tinggal di negeri yang nyaman ini.
Tempat tinggal adalah tujuan kita pulang, melepas penat serta menyamankan diri. Tiap kota di Indonesia tentu memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing, salah satunya kota Magelang. Dan berikut ini adalah lima keuntungan yang bisa dinikmati para masyarakat kota Magelang.

Ada sumber air hangat yang bisa digunakan untuk berendam

[ Image Source ]
Bertempat di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, terdapat lokasi wisata pemandian air panas yang juga termasuk situs purbakala. Konon, pemandian ini sudah ada sejak zaman Wangsa Syeilendra. Permukaan kolam air panas ini seluruhnya terbuat dari batu, seperti candi. Yang unik dari pemandian ini adalah, semakin sore maka air yang keluar semakin hangat. Meski demikian, airnya tidak sepanas pemandian air panas yang lain. Hanya saja, kehangatan air di tempat ini justru akan membuat Anda nyaman.

Terdapat Bukit yang begitu cantik, cocok untuk menikmati fajar

[ Image Source ]
Di Magelang terdapat bukit cantik dengan ketinggian sekitar 400 meter dari permukaan laut. Lokasinya berada di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau, terlebih jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Jika ingin menikmati indahnya matahari terbit, Anda bisa berangkat saat dini hari. Dari bukit ini, selain dapat menikmati matahari terbit, juga bisa memandang indahnya Candi Borobudur.

Terdapat taman penyejuk di tengah-tengah kota

[ Image Source ]
Apa yang Anda bayangkan tentang pusat kota? Barangkali mal, kantor, atau gedung-gedung pencakar langit dan berbagai macam kendaraan bermotor yang membuat suasana pengap dan panas. Mungkin hal itu benar, tapi di Magelang, suasana tersebut masih bisa dinetralisir dengan adanya Bukit di tengah kota. Bukit tersebut difungsikan sebagai obyek wisata, selain itu juga berfungsi sebagai lahan hijau terbuka.

Temukan suasana meriah di kawasan Pecinan Magelang

[ Image Source ]
Memang, Magelang termasuk kota yang tenang, tapi ada juga lokasi yang memiliki suasana yang meriah, yaitu kawasan Pecinan Magelang. Lokasi ini juga dikenal sebagai Malioboronya Magelang. Lokasi ini adalah pusatnya perdagangan yang selalu ramai. Sangat cocok bagi Anda yang gemar berbelanja. Di lokasi ini, tentu Anda bisa merasakan sensasi keramaian seperti kota-kota lainnya.

Berkeliling naik delman akan jadi pengalaman yang menyenangkan

[ Image Source ]
Di mana lagi bisa Anda termui kendaraan yang legendaris seperti Andong? Delman khas Jawa Tengah ini bisa masih bisa Anda jumpai di Magelang. Jika Anda berjalan-jalan di daerah Candirejo, akan ditemui masyarakatnya yang piawai membuat kerajinan tangan yang berbahan dasar dari bambu. Masyarakat sekitar juga terkenal dengan keramahannya. Jadi jangan khawatir meski Anda baru pertama datang ke Magelang, Anda pasti tidak akan merasa asing. Terlebih lagi, Anda bisa jalan-jalan berkeliling dengan menaiki Andong yang legendaris.  Menyenangkan, tho?